Monday, October 18, 2010

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM KE 2

Organisasi adalah adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah unt tujuan bersama. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Dibawah ini terdapat pengertian Organisasi dari berbagai para ahli :
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

Jadi, dari kesimpulan yang bisa kita petik dari pernyataan diatas yaitu manusia itu diciptakan oleh tuhan adalah untuk saling berinteraksi antar individu manusia. Agar dapat berinteraksi secara efektif setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan Dengan berpartisipasi setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan bersama-sama mencapai tujuan bersama.
Saya sendiri pernah mengikuti suatu organisasi pada sewaktu saya duduk di kelas 2 SMA saya masuk ke sebuah organisasi yang bernama Suara Anak Bangsa Indonesia. Saya tertarik masuk kedalam organisasi tersebut karena organisasi tersebut memiliki tujuan yang sangat bagus menurut saya yaitu :
a. Terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasi muda dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial.
b. Terbentuknya jiwa dan semangat kejuangan generasi muda warga yang trampil dan berkepribadian serta berpengetahuan.
c. Termotivasinya setiap generasi muda untuk mampu menjalin toleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
d. Terjalinnya kerjasama antara generasi dalam rangka mewujudkan taraf kesejahteraan sosial bagi masyarakat.
e. Terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya.
f. Terwujudnya pembangunan kesejahteraan sosial generasi muda di desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat yang dilaksanakan secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan bersama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya.
Organisasi ini tersebut berdiri di ciputat pada tanggal 13 juli 1997 . Dibawah ini adalah struktur kepengurusan organisasi ini :
FORMATUR KEPENGURUSAN DPP

Ketua Umum : Dody Prasetya Azhari
ketua ini mempunyai kewajiban yang amat sangat besar karena , bertugas sebagai motor dari kegiatan ini . Artinya , ketua lah yang mempunya Hak lebih untuk mengatur semuanya yang ada didalam kegiatan ini .

Bendahara Umum : Stefany Agustina Yahya
Berkewajiban mengatur keuangan pengeluaran dan pemasukan tiap harinya . Karena , dalam suatu organisasi pasti mempunya banyak kebutuhan yang diperlukan .

Sekretaris Umum : Muhammad Rifky
Ini yang mempunyai banyak kewajiban salah satunya , sekertaris wajib mencatat semua yang ingin kita masukan dalam kegiatan organisasi ini. Sekertaris juga harus bisa lebih kreatif dalam mengeluarkan ide .
Anggota :
Disini , ini juga yang berperan penting . Karena setiap anggota berkewajiban menyampaikan ide yang kita punya serta berhak mengeluarkan pendapat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...